Ada 3 pilihan dalam membuat sebuah blog :

  1. Bersifat pribadi, dimana hanya anda sendiri yang bisa mengaksesnya.
  2. Bersifat tertutup, dimana hanya orang tertentu yang anda izinkan (invited) untuk dapat membaca buah pikiran anda.
  3. Bersifat terbuka, dimana semua orang dapat melihat buah karya anda di dunia maya.

Jika anda membuat blog yang bersifat terbuka, apakah jumlah pengunjung merupakan hal penting bagi anda?




Banyak juga blogger yang tidak terlalu memusingkan hal ini.
Nge-blog cukup sebagai penyaluran opini pribadi, atau tempat corat coret segala keluh kesah. Dibaca orang syukur, tidak dilirik orang juga nggak masalah.

Akan tetapi jika jumlah pengunjung merupakan hal penting bagi anda, maka sebaiknya anda memikirkan bagaimana cara meningkatkan jumlah pengunjung.

Meningkatkan jumah pengunjung tentu saja melalui promosi.
Hal ini bisa dengan submit pada sejumlah search engine agar blog anda dikenali oleh search engine yang bersangkutan.
Masukkan kata2 kunci yang berkaitan dengan blog anda. Kata2 kunci harus relevan dengan isi blog dan harus anda perkirakan bahwa banyak yang tertarik dengan informasi berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Promosi juga bisa dengan memanfaatkan iklan gratis. Anda register, kemudian promosikan blog milik anda.
Iklan gratis begitu banyak tersedia. Gunakan Google untuk mencarinya. Iklan gratis di negeri jiran (Malaysia) juga bisa anda manfaatkan. Sebab bahasa kita tidak terlalu berbeda.

Jangan pula menyepelekan promosi lewat mulut ke mulut. Beritakan keberadaan blog anda pada teman, keluarga dan kenalan anda yang sering akses internet. Bisa juga dengan mengirim e-mail kepada teman lama anda.

Selanjutnya rajin-rajinlah berkunjung ke blog lain. Biasanya jika anda berkunjung ke suatu blog, maka akan terlihat banyak tautan/link yang bisa membawa anda ke blog lain.

Sebagian besar blog menyediakan fasilitas Shoutbox/Tagboard dimana pengunjung dapat meninggalkan pesan. Dengan demikian kunjungan anda akan diketahui. Umumnya anda akan mendapat kunjungan balik. Nah, bertambah pengunjung anda.

Seandainya pemilik blog tidak menyediakan fasilitas Shoutbox/Tagboard, berikan komentar pada postingan terbaru pada blog tersebut.

Namun ada juga pemilik blog yang selain tidak menyediakan fasilitas Shoutbox/Tagboard, bahkan menghilangkan pula fasilitas memberi komentar. Jika terlanjur membuka blog seperti ini, segera saja tinggalkan.

Kebanyakan pengunjung ingin kehadirannya diketahui (mengharap kunjungan balasan dari anda). Maka anda pun harus menyediakan fasilitas Shoutbox/Tagboard untuk mempermudah mereka meninggalkan pesan.

Yang lebih berat dari itu adalah mempertahankan pengunjung blog anda. Anda tentu mengharapkan pengunjung yang setia.
Jika hari ini anda mendapat 1000 hit, akan tetapi untuk seterusnya anda tidak mendapat kunjungan sama sekali, maka itu tidak ada artinya.

Bagaimana menciptakan pengunjung yang setia?

Yang paling harus anda ingat adalah: Jangan Membuat Mereka Kecewa.
Apa hal2 yang membuat mereka kecewa?

Kekecewaan pengunjung blog anda karena:

  • Trauma atau tersinggung. Jangan sampe deh membuat pengunjung anda trauma atau tersinggung. Ini bisa terjadi jika anda “menyerang” mereka. Misalnya menyudutkan mereka lewat postingan anda atau anda melayani mereka dengan kasar.
  • Bosan. Kebosanan bisa timbul jika content atau isi blog anda tidak menarik, juga jarang di update. Pengunjung akan muak jika setelah berpuluh kali berkunjung hanya menyaksikan berita yang sama.

Berkaitan dengan content atau isi blog, maka ini adalah kunci utama keberhasilan blog anda. Mohon anda serius dalam menangani content/isi blog anda.

Coba anda raba2 pikiran dan perasaan anda, apa yang membuat anda tertarik untuk mengunjungi sebuah blog?

Ada 2 alasan utama pengunjung untuk menjenguk blog kita: pertama kebutuhan yang meliputi:

  • Informasi (berita, panduan/tutorial, tips & trik, gosip, dsb) Informasi yang hangat dan “hangat” akan selalu dicari.
  • Pelayanan (semua jasa; termasuk konsultasi, pemesanan/reservasi, pengobatan online, juga penyediaan software gratis, mp3 gratis, 3gp gratis, dsb)

Yang kedua keterikatan.

Keterikatan dapat terjadi bila anda membuat blog yang bersifat komunitas: misalnya berdasarkan daerah, suku, agama, hobi, ikatan alumni, almamater dan lain sebagainya.
Salah satu contoh kalau anda seorang pertenak dan membuat blog tentang peternakan, maka anda bisa mengharapkan pengunjung setia yaitu para peternak lain yang juga mengelola blog tentang peternakan.

Keterikatan juga dapat terjadi karena persahabatan, hubungan kekeluargaan atau persamaan visi antar pemilik blog.

Cobalah menggabungkan 2 alasan utama (Kebutuhan dan Keterikatan) ini menjadi kekuatan blog anda.

Tentukan sasaran blog anda. Selanjutnya buat content yang menarik dan selalu fresh. Layani pengunjung anda dengan sebaik mungkin.
Semakin kenali pengunjung sehingga anda menemukan persamaan dengan mereka dan semakin akrab lewat persamaan tersebut.

Langkah2 tersebut dibarengi dengan promosi yang berkesinambungan. Manfaatkan semua celah promosi yang ada. Tidak hanya yang telah disebutkan di atas, bahkan lewat e-mail teman lama anda atau ponakan anda yang rajin ke warnet.

Jangan lupa untuk terus mempercantik tampilan blog anda dengan penambahan accessories dan tampilan menarik yang membuat pengunjung selalu senang menatap blog anda.

Sesungguhnya tidak banyak yang bisa saya sharing dengan anda. Karena usia nge-blog saya yang bahkan belum seumur jagung. Sungguh, saya mulai ngeblog sejak pertengahan Maret 2007. Saya masih harus banyak belajar. Termasuk dengan mengutip tips & trik dari blog anda.

Harapan saya semoga kita semua mencapai kesuksesan yang kita harapkan dalam mengelola blog. Aamiin.


disadur dari tukeranlink blogspot



0 komentar: